Hi
Teman-teman, kali ini saya akan coba membahas 10 chapter dalam Rigging
Requirements based on API RP 2D, ASME B30.9, ASME B30.26 and persyaratan
lainnya. Adapun pokok bahasan akan meliputi : Risk Management &
Rigging Plan, Mengkaitkan dan memindahkan beban, Penggunaan Slings,
Pemeriksaan Slings, Pemakaian dan pemeriksaan peralatan,
Pemakaian dan pemeriksaan Blocks, Land Based Rigging usage &
inspection, IP Clamps
Chapter 1.
Risk
Management & Rigging Plan
Hal yang biasa anda temukan di lapangan adalah statement " i have done it that way for 20-30 years", 😏
Lifting
merupakan High Potential Risk based on Risk Assessment Analysis, Sehingga
tentunya diperlukan Rencana pada setiap pengangkatan dan ini merupakan
persyaratan mutlak didalam PI RP 2D, ASME B30.9, ASME B30.26, " Jadi
Pengalaman Anda Tidak Menjamin Keselamatan Setiap Komponen didalam operasi
pengangkatan tanpa prosedur yang aman" Jadi jangan lupa untuk "Plan
every lift"
Tanggung Jawab Pemakai/ user tentunya hal yang paling
mendasar, diantara tanggung jawab user adalah sebagai berikut :
1. Peralatan
angkat (rigging gear) harus sesuai dengan sistem pengangkatan yang
digunakan.
2. Semua Peralatan
angkat (rigging gear) yang dipakai dalam standard industri dan
sesuai dengan rekomendasi dari manufacturer's pada point ini
tentunya user harus mengetahui tentang informasi mengenai jenis produk dan
pemakaiannya, produk yang digunakan harus memiliki identitas (Logo, Nama
pembuat, kapasitas, dan ukuran serta traceability), Kapasitas
(WLL), keuletannya, faktor kelelahan dan ketahan terhadap benturan sehingga
dapat menjamin semua Peralatan angkat (rigging gear) benar-
benar aman sebelum digunakan.
3. Melakukan
pemeriksaan berkala dan pemeliharaan terhadap semua rigging gear.
Untuk
Referensi tambahan :
Peraturan
& Perundangan serta standar yang saya jadikan rujukan :
UU No
1/1970 ttg KK, Permenaker 05/1985 ttg pesawat angkat & angkut, Permenaker
09/2010 ttg operator dan petugas pesawat angkat & angkut, SKKNI No Kep
245/2007 untuk kegiatan operasi pesawat angkat dan angkut serta ikat beban
sektor industri minyak dan bumi, ASME B30.9/2003 - ttg Sling, ASME B30.26/2004
ttg Perangkat Rigging, ASME B30.5/2004 Crane bergerak dan lokomotif, BS 1290
ttg Sling Kawat baja, ASME B30.23/2005 ttg sistem pengangkatan pekerja dan API
RP 2D ttg Ops & Maintenance Offs Crane.
Masalah umum yang timbul dari pengangkatan :
1. Tidak
Melakukan pemeriksaan perlatan
2. Tidak
tau apa yang harus diperiksa
3.
Hilangnya dan tidak akuratnya informasi
4.
Kapasitas beban yang tidak diketahui
5. Tidak
mampu membaca tabel pengangkatan
6.
Peralatan yang di bawah kaitan tidak dibuat dengan baik
7. tali
baja penggantung di buat dengan klip kawat
Basic
Rigging Plan meliputi :
1. Siapa
yang bertanggung jawab dalam proses pengangkatan yang dilakukan?
2. Apakah
peralatan dalan kondisi yang baik artinya identifikasi telah sesuai / tepat?
3. Apakah
kapasitas memadahi? (Berat beban,COG,Sudut pengangkatan,kapasitas & etc)?
4. Apakah
beban dapat dikendalikan?
5. Apakah
ada kondisi lingkungan yang tidak biasa? (Angin, Suhu, cuaca)
6.
Kebutuhan khusus?
Tanggung
Jawab Crane Operator (API RP 2D)
1. Bertanggung Jawab untuk operasi dengan pengawasan langsung
2. Hentikan dan tolak untuk mengangkat beban yang tidak sesuai dengan arahan keselamatan
3. Waspada terhadap karakteristil operasi derek
4. Jangan mulai gerakan kecuali beban atau pemberi aba-aba dalam pengelihatan
5. Menanggapi aba-aba hanya dari orang yang ditunjuk
6. Patuhi aba-aba berhenti darurat yang diberikan oleh semua orang
7. Pastikan daftar beban yang benar berada di tempatnya
8. Amankan derek terhadap ayunan ketika tidak dipergunakan
9. Lakukan pencatatan pemeriksaan sebelum pemakaian
10. Ketahui bahwa beban di kaitkan dalam kapasitas derek dan radius beban
11. Daftar beban akan terlihat pada stasiun kontrol
12.Sebelum beroperasi, operator hendaknya memastikan: pemeriksaan sebelum pemakaian telah lengkap, semua kontrol berada di posisi "off" atau "netral", tidak ada pekerja dibawah beban yang akan diangkat atau dalam katalain area shall be clear prior lifting operations.
13.Sebelum meninggalkan derek, operator hendaknya memastikan: seluruh beban sudah tidak tergantung, menghindari grakan tanpa sengaja dari derek dan derek tidak akan merintang/menghalangi area tersebut
Pemeriksaan
umumnya di bagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah :
1. Pemeriksaan sebelum pemakaian/ Pre-use Inspection
: dilakukan sebelum pemakaian crane dan dilakukan oleh operator
yang terlatih dan kompeten biasanya meliputi pemeriksaan kasat mata terhadap
peralatan yang dilepas seperti : Slings, Sling Hooks dan Shackles.
2. Pemeriksaan
Bulanan/ Monthly Inspection : Pemeriksaan bulanan
dilakukan tiap bulan terhadap semua pemakaian crane denga kategori Heavy/Berat
dan dilakukan oleh operator yang terlatih dan berhak meliputi pemeriksaan
kasat mata terhadap peralatan yang dilepas seperti : Slings, Sling
Hooks dan Shackles.
3. Pemeriksaan
Kwartal / Quarterly Inspection: Sedikit berbeda dimana
pemeriksaan ini dilakukan oleh qualified inspector yang
meliputi pemeriksaan kasat mata terhadap peralatan yang dilepas
seperti: Slings, Sling Hooks, Shackles, Sheave dari
keausan, Crack, Rope Path Alignment (Kesejajaran alur tali)
dan kondisi bearing dan pemeriksaan kasat mata pada perubahan
bentuk crane hooks melebihi dari manufacturer's
recomendations akan langsung disingkirkan.
4. Pemeriksaan
Tahunan/ Annual inspection: pemeriksaan ini dilakukan
oleh qualified inspector, termasuk meliputi komponen pada
pemeriksaan sebelum pemakaian, bulanan, kwartal dan critical komponen crane.
For Information :
Overhead Lifting adalah proses pengangkatan yang mana akan meninggalkan
beban tergantung bebas pada posisi tertentu dan ketika beban terjatuh dapat
mengakibatkan kerugian dari segi (PARE- People, Assest, Reputation and
Environment).
Pada bab ini tentunya belum masuk kepada sisi teknis mengkaitkan dan memindahkan beban, chapter berikutnya kita akan membahas lebih spesifik, Insya Allah see you in next chapter.
Semoga Bermanfaat & Terima Kasih
Andry Kurniawan, SKM.,MKKK.
"Coming together is a beginning, Keeping
together is progress., Working together is success“ Safety not only about
knowledge and how to manage risk it’s about needed because safety is everybody
business",
More info:
Andryzsafe@yahoo.com/Andryzsafety@gmail.com, CP : (+62)81219662291
Tidak dilarang untuk mengcopy dan menyebarkan
artikel pada situs ini dengan menyebutkan URL sumbernya. budayakan menulis
karya ilmiah tanpa plagiarisme
Tidak ada komentar:
Posting Komentar