Check This Out

Check This Out Bro & Sis

Minggu, 19 Maret 2017

Speak Up & Listen Up - Angle Grinders



Speak up & Listen Up :
Hampir setiap saat di lokasi anda selalu dimulai dengan percakapan tentang keselamatan dimana hal ini mungkin membuat sebagian dari rekan-rekan anda merasa tidak selalu nyaman, tetapi semua karyawan harus diberdayakan untuk berkomunikasi secara konstruktif. Dengan beberapa alat sederhana dan proses praktis untuk memberikan dan menerima umpan balik yang terkait dengan keselamatan, karyawan akan memiliki apa yang mereka butuhkan untuk percaya diri berbicara, dan dengarkan, tentang keselamatan.

Topik Kali ini adalah mengenai Angle Grinders, 
Banyak yang anda dapat lakukan dengan mesin grinda baik menghaluskan permukaan, mengasa alat potong atau memotong material, tetapi Banyak kasus yang berakibat fatal OSHA --. 53 Kasus terkait penggunaan mesin gerinda yang diantaranya berakibat pada kematian (Please check : https://www.osha.gov/pls/imis/AccidentSearch.search?acc_keyword=%22Abrasive%20Wheel%22&keyword_list=on http://www.iadc.org/wp-content/uploads/2014/03/sa02-33.pdf) pada penggunaan mesin grinda diantara penyebabnya adalah :

  1. Tidak Melakukan pemeriksaan terhadap mesin gerinda sebelum digunakan
  2. Menggunakan mesin gerinda tanpa menggunakan pelindung
  3. Menggunakan mesin gerinda tanpa memperhatikan disc dengan RPM Mesin gerinda
  4. Menggunakan mesin gerinda tanpa otoritasi atau pengetahuan ttg penggunaan mesin gerinda yang aman
  5. Melakukan modifikasi terhadap mesin gerinda tanpa approval dari manufacturer's
  6. Tidak Menggunakan APD yang sesuai untuk pekerjaan yang dilakukan : Leather Gloves Type, Safety Glasses, Face shield, ear muff/ear plug and etc.
Mungkin ini hal yang kecil tetapi saya pastikan akan berdampak besar jika anda tidak lakukan dengan benar dan tepat sesuai dengan rekomendasi  jadi simple  pastikan
  1. Anda Melakukan pemeriksaan terhadap mesin gerinda sebelum digunakan
  2. Menggunakan mesin gerinda dengan pelindung yang tepat
  3. Menggunakan mesin gerinda dengan memperhatikan disc dengan RPM Mesin gerinda yang anda gunakan
  4. Menggunakan mesin gerinda dengan otoritasi atau pengetahuan ttg penggunaan mesin gerinda yang aman/ Telah di training
  5. Tidak Melakukan modifikasi terhadap mesin gerinda tanpa approval dari manufacturer's
  6. Menggunakan APD yang sesuai untuk pekerjaan yang dilakukan : Leather Gloves Type, Safety Glasses, Face shield, ear muff/ear plug and etc.
  7. SWA ( Stop Working Authority) dilakukan apabila terdapat kerusakan atau sesuatu yang meragukan anda terkait dengan peralatan tersebut.
Mungkin besok, lusa bahkan suatu saat Anda dapat menyelamatkan rekan kerja anda, jadi Speak up & Listen Up and don't choose the other ways ;-)

Semoga Bermanfaat & Terima Kasih
Andry Kurniawan, SKM.,MKKK.
"Coming together is a beginning, Keeping together is progress., Working together is success“ Safety not only about knowledge and how to manage risk it’s about needed because safety is everybody business",
More info: Andryzsafe@yahoo.com/Andryzsafety@gmail.com, CP : (+62)81219662291
Tidak dilarang untuk mengcopy dan menyebarkan artikel pada situs ini dengan menyebutkan URL sumbernya. budayakan menulis karya ilmiah tanpa plagiarisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Check This Out (2)

Check This Out (3)