Check This Out

Check This Out Bro & Sis

Selasa, 05 Mei 2015

Fire Safety in the kitchen / Keselamatan Kebakatan di dapur


45% dari kebakaran di rumah mulai di ruang dapur. Pasukan Pemadam Kebakaran NSW menanggapi 1.955 kebakaran di dapur, dan 988 dari jumlah ini disebabkan makanan sedang dimasak tanpa dijaga, Pernahkah anda mengalami hal yang serupa pada saat anda memasak kemudian anda melupakannya atau kemudian tertidur dan seketika asap sudah mengepul dan api sudah ada di wajan anda dan siap untuk melahap semua yang berada di dekat-nya.
Dapur adalah bagian dari rumah yang punya risiko besar mengalami kebakaran. Sayangnya, tak banyak orang mempunyai pengetahuan dan kesiapan untuk mencegah timbulnya kebakaran yang tak terkendali sehingga bukan hanya akan merugikan diri anda sendiri, tetapi juga melibatkan orang lain di sekitar Anda."

Referensi Berdasarkan Penelitian menyatakan :
  • United Kingdom (UK) pada tahun 2006 terjadi kasus kebakaran sebanyak 862.100 kasus,  korban jiwa sebanyak 491 meninggal. Dari sekian banyak kasus kebakaran tersebut, lokasi yang sering terjadi adalah pada bangunan pemukiman, yaitu sebanyak 55.800 kasus. Dari kasus tersebut, 82% kebakaran yang terjadi akibat kecelakaan dan terjadi kebanyakan pada waktu sore hari. Dari kebakaran pada pemukiman tersebut memakan 373 korban jiwa. Penyebab utama dari kebakaran adalah kelalaian atau penyalahgunaan peralatan rumah tangga, terutama peralatan dapur (56%).
  • Sedangkanpada tahun 2006 di Amerika Serikat pada tahun 2006 terjadi 1.642.500 kasus kebakaran terjadi, dengan korban jiwa 3245 meninggal dunia, 16400 cedera, serta kerugian material sebesar $ 11 milyar [ U.S. Fire Administration, FEMA ]




Tindakan Pengendalian/ Sistem Kendali :
  • Makanan yang dimasak tanpa dijaga dapat mengakibatkan kebakaran. Jika Anda harus meninggalkan ruang dapur \sewaktu memasak matikan kompor. 
  • Pastikan agar anak-anak menjauhi dari kompor dan oven sewaktu memasak; pertimbangkan pemasangan pelindung kompor. 
  • Kain, sarung tangan oven dan benda lain yang mudah terbakar dijauhi dari kompor. 
  • Gunakan minyak masak dengan hati-hati, panaskan secara pelan dan gunakan panci berukuran benar dan pastikan nyala cukup kecil untuk mencegah minyak memercik.
  • Bersihkan sisi kompor setelah tiap pemakaian dan bersihkan penyaring penyedot asap dan semua perkakas memasak secara berkala. 
  • Air tidak memadamkan kebakaran lemak/minyak – jangan sekali-kali menyiram air pada minyak yang terbakar. Air dapat  mengakibatkan kebakaran seperti ini merebak lebih cepat dan juga menyebabkan luka bakar yang parah.
  • Pasanglah pemadam api dan selimut api di dapur dan ketahuilah cara untuk menggunakannya. Sebaiknya diletakkan sekurang-kurangnya 1 meter dari kompor, antara kompor dan pintu keluar yang terdekat.
  • Jika minyak masak terbakar, padamkan kompor dan letakkan penutup ke atas panci atau gunakan selimut api untuk memadamkan kebakaran. Jangan membawa panci yang berisi minyak yang panas atau terbakar ke seluruh rumah karena ini api mungkin merebak dan mengakibatkan luka-luka. Biarkan minyak dingin semula sebelum mengangkat penutup karena minyak mungkin menyala kembali. 
  • Jika terjadi kebakaran di ruang dapur dan Anda kurang yakin memadamkannya karena lanjut usia atau sebab lain, matikan perkakas, keluar dari ruang dapur dan hubungilah Pasukan Pemadam Kebakaran dari tempat yang aman
  • Pastikan agar perkakas memasak dimatikan setelah dipakai.
untuk lebih lanjut silahkan lihat artikel di : www.fire.nsw.gov.au


Semoga Bermanfaat & Terima Kasih
Andry Kurniawan Amd SKM (MKKK) "Coming together is a beginning, Keeping together is progress., Working together is success“ Safety not only about knowledge and how to manage risk it’s about needed because safety is everybody business", More information : Andryzsafe@yahoo.com/Andryzsafety@gmail.com/andry.kurniawan@halliburton.com
Tidak dilarang untuk mengcopy dan menyebarkan artikel pada situs ini dengan menyebutkan URL sumbernya. budayakan menulis karya ilmiah tanpa plagiarisme

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Check This Out (2)

Check This Out (3)